Saturday, October 10, 2015

Financial Revolution


Oleh : Tung Desem Waringin

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama. 2005
Tebal : 169 halaman


Pertama kali aku mendengar nama Tung Desem Waringin adalah pada tahun 2005, saat mengikuti seminar beliau yang dahsyat. Saat mengikuti seminar tersebut aku baru saja menyelesaikan study-ku di bangku perkuliahan dan hanya menunggu wisuda saja.

Dan hasilnya tentu saja tidak mengecewakan. Dan aku termasuk beruntung mendapatkan motivasi yang besar sehingga mampu mendongkrak terutama saat aku pertama kali mendapatkan pekerjaan di perusahaan PMA.

Namun yang akan aku bahas bukan pengalamanku saat mengikuti seminar 10 tahun yang lalu, tapi sari pati dari buku yang fenomenal ini.

Untuk menjadi sukses memang banyak jalan, bisa menjadi karyawan ataupun menjadi entrepeneur. Seorang yang hendak pindah dari status karyawan menjadi entrepeneur pun beliau sebut bukan sebagai "mengundurkan diri" tapi lebih yaitu "memajukan diri".

Tung Desem Waringin juga memberikan nasihat bahwa kita harus mampu mengontrol dan melakukan perencanaan keuangan karena jika kita hanya fokus memperbesar penghasilan, maka secara tidak langsung pengeluaran juga ikut membesar pula.

Dalam karier apapun sangatlah penting kita menentukan tujuan. Agar sukses maka yang perlu ditentukan dan diperhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan
  2. Merasa harus
  3. Dorongan kuat
  4. Motivasi
  5. Strategi
  6. Konsisten
  7. Memonitor
  8. Peka terhadap hasil
  9. Pengukuran
  10. Keyakinan
  11. Incantation
  12. Passion
  13. Integrity
  14. Skill

Tanpa ada faktor diatas maka ada halangan kecil saja dapat menggagalkan rencana dan tujuan kita. Banyak orang yang tidak sukses karena secara terus menerus mengganti target dan tujuan sebelum target tersebut tercapai. Alhasil tidak ada yang dia raih.

Terakhir ada pepatah yang perlu kita ingat sebagai penutup yaitu "you pay peanut and you get monkey". Artinya, silahkan baca di halaman 156.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts